Oct
23
2015

Pemenang Nobel Prize 2015

Siapakah Pemenang Hadiah Nobel 2015?

 

Ditulis oleh: Eka Buyung Lienadi

22 Oktober 2015

 

Hadiah Nobel atau Nobel Prize merupakan hadiah berupa uang dan penghargaan yang diberikan oleh Nobel Foundation bagi tokoh-tokoh yang dianggap telah memberikan kontribusi hebat bagi dunia. Nobel Prize yang merupakan harapan terakhir (surat wasiat) dari Alfred Nobel, didirikan sejak tahun 1900 dan terus-menerus memberikan hadiah setiap tahunnya. Nobel Prize diberikan bagi sosok yang berkontribusi di bidang ilmu pengetahuan, literature, dan perdamaian dunia. Pada tahun 2015 juga dilakukan penghargaan Nobel. Inilah beberapa tokoh pemenang Nobel prize di bidang ilmu pengetahuan.

 

  1. Nobel Prize di bidang Fisika

Penerima : Takaaji Kajita dan Arthur McDonald

takaaji

takaaji

Arthur B. McDonald

Arthur B. McDonald

 

Takaaji Kajita merupakan ilmuwan Jepang dari University of Tokyo, sedangkan Arthur McDonald merupakan ilmuwan di Queen’s University di Ontario.

 

Kontribusi mereka yaitu berhasil membuktikan bahwa neutrinos, material sub-atomik, memiliki massa. Pengetahuan atau revisi atas teori lama ini merupakan suatu terobosan untuk memecahkan permasalahan kuantum lainnya dan ilmu yang berhubungan dengan astronomi.

 

 

  1. Nobel Prize in Physiology or Medicine

Penerima : Satoshi Omura, William C. Campbell, and Tu Youyou

satoshi omura

satoshi omura

Tu Youyou

Tu Youyou

William C Campbell

William C Campbell

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satoshi Omura merupakan kepala riset untuk Organic Chemistry di Kitasato Institute, Jepang. Ia telah menciptakan 13 novel bersama timnya. Novel  dalam dunia ilmu pengetahuan berarti suatu penemuan yang orisinil (medical-dictionary.com,2015). Ia dan timnya pun telah berhasil menemukan lebih dari 470 senyawa organik.

 

William Cecil Campbell merupakan seorang ahli biologi dan ahli parasit (parasitologist). Ia aktif di Merck Institute dari tahun 1957 hingga tahun 1900. Sekarang, ia menjadi reserach partner di Drew University.

 

Satoshi Omura dan William C.Campbell berbagi hadiah atas jasanya menemukan “novel therapy” bagi penderita penyakit yang berhubungan dengan infeksi nematoda.

 

Tu Youyou merupakan ilmuwan wanita asal Tiongkok. Ia pun merupakan warga Tiongkok pertama yang pertama kali mendapatkan penghargaan nobel di bidang Physiology or Medicine. Ia pun merupakan warga Tiongkok pertama yang menerima “Lasker Award”.

 

Tu Youyou menerima hadiah nobel berkat jasanya menemukan “novel therapy” bagi penderita penyakit malaria. Ia berhasil mengekstrak zat artemisinin dari tanaman herbal dan dengan zat itu ia telah menyelamatkan nyawa banyak penderita malaria. Ia pun secara tidak sengaja telah menciptakan zat dihydroartemisinin selama percobaannya.

 

 

  1. Nobel Prize di bidang Kimia

Penerima : Pau L. Modrich, Tomas Lindahl, and Azis Sancar

Tomas Lindahl

Tomas Lindahl

Paul L Modrich

Paul L Modrich

Azis sancar

Azis sancar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Paul L. Modrich merupakan professor biochemistry di Duke University. Ia merupakan ilmuwan asal Meksiko, Amerika Serikat.

 

Tomas Lindahl merupakan ilmuwan berkebangsaan Swedia. Ia menempuh pendidikan PHd di Princenton University dan Rockefeller University. Ia pernah menjabat sebagai Professor of medical chemistry di University of Gothenburg.  Ia pun pernah menjabat sebagai direktur dari Cancer Research UK. Ia juga pernah menerima penghargaan Royal Medal dari Royal Society pada tahun 2007.

 

Azis Sancar merupakan seorang penelita berkebangsaan Turki yang spesialis meneliti circadian clock, DNA repair, dan cell cycle. Ia juga merupakan co-founder dari Azis and Gwen Sancar Foundation, organisasi non-profit untuk mempromosikan budaya Turki di Amerika Serikat. Azis sekarang bekerja di University of North Carolina, NC, USA.

 

Kontribusi mereka yaitu studi mereka dalam mekanisme perbaikan DNA.

 

 

Nobel Prize selalu menjadi hadiah bergengsi tingkat dunia dalam bidang ilmu pengetahuan. Para pemenang Nobel tidak hanya membagakan diri sendiri, keluarga, almamater, tetapi juga negara mereka! Semoga hadiah seperti ini dapat mengajak peneliti-peneliti muda untuk terus berinovasi! Tapi perlu diingat, inspirasi utama kita haruslah untuk berkontribusi bagi sesama. Membuat dunia menjadi lebih baik. Seperti hasil penelitian yang telah dilakukan oleh tokoh-tokoh ini. Semoga tulisan ini juga dapat memberikan para pembaca wawasan tentang siapa pemenang nobel prize tahun ini. Terima kasih sudah membaca! Teruslah berkarya!

 

 

 

 

Source:

www.nobelprize.org

http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/novel

http://www.satoshi-omura.info/biography/

https://www.hhmi.org/scientists/paul-l-modrich

Wikipedia

Written by Yung04 in: berbagi ilmu | Tags: , , , , ,

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker