Nov
06
2015

Quadcopter

Quadcopter

Bagaimana Quadcopter dapat Terbang?

 

 DJI_Phantom

Ditulis oleh : Eka Buyung Lienadi

5 November 2015

 

Pengenalan

Quadcopters merupakan mainan seperti helikopter dengan empat baling-baling (propleller). Mainan ini sedang digemari di berbagai daerah di dunia. Kompetisi pembuatan quadcopters di tingkat universitas di Indonesia pun sudah sering dilaksanakan. Bahkan kompetisi mengendalikan quadrotors mulai sering dijumpai di Indonesia. Quadcopter yang sering disebt sebagai drone ini juga memiliki manfaat fotografi. Fotografi melalui udara memanfaatkan drone edang menjadi trend  di Indonesia. Banyak perusahaan jasa fotografi mulai memanfaatkan benda ini untuk melakukan pengambilan gambar.

 

Quadcopters berasal dari kata “quadrotor helicopters”. Quadrotor merujuk pada 4 buah motor / propeller yang menggerakkan quadcopter. Helicopter bermakna quadcopter berasal dari pengembangan helikopter.

 

Cara Kerja

Quadcopter dengan bentuk paling sederhana ditunjukkan pada gambar di bawah. Quadcopter dapat terbang dengan memanfaatkan putaran baling-baling. Putaran baling-baling menghasilkan tekanan rendah di atas drone sehingga drone dapat terbang ke atas.

220px-Quadrotor_yaw_torque

Propeller drone berputar dengan arah yang berbeda. Setiap propeller menghasilkan dorongan dan torsi. Misalkan baling-baling nomor 1 dan berputar searah jarum jam, maka baling-baling nomor 2 dan 4 berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Hal ini akan menimbulkan jumlah torsi menjadi 0. Dengan jumlah torsi ( gaya yang menyebabkan benda berputar) sama dengan nol, maka quadcopter dapat terbang vertikal dengan stabil.

 

Quadcopter juga dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik. Selain sebagai sumber tenaga, perangkat elektronik diisi dengan algoritma untuk mengendalikannya dengan remote control. Algoritma dari quadcopter pun dapat dikembangkan semakin jauh. Sudah diciptakan suatu quadcopter yang bahkan memiliki fasilitas wifi dan dapat bergerak sendiri ke suatu destinasi tanpa dikendalikan. Bahkan sudah dilakukan uji coba untuk melakukan distribusi barang menggunakan quadcopter yang tidak dikendalikan.

 

 

 

Terimakasih sudah membaca. Semoga tulisan ini dapat meningkatkan wawasan Saudara.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Quadcopter

Written by Yung04 in: berbagi ilmu | Tags: , , , , , ,

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker