Nov
07
2015

Penipisan lapisan Ozon

Penipisan Lapisan Ozon

Ditulis oleh : Eka Buyung Lienadi
7 November 2015

 

Penipisan lapisan Ozon
Lapisan Ozon merupakan suatu lapisan yang berada di atmosfer bumi, tepatnya di lapisan stratosfer. Lapisan ozon berfungsi untuk menangkal sinar UV matahari untuk mencapai permukaan bumi. Sinar UV sangat berbahaya bagi kehidupan. Sinar UV mengakibatkan kanker kulit, mengganggu kestabilan biota laut, mengurangi hasil panen dan pertumbuhan tanaman, dll.

Akan tetapi, sejak tahun 1980 mulai terjadi lapisan ozon (ditandai dengan Antartic Ozone hole). Penipisan lapisan ozon pun terus berlanjut hingga sekarang.

 

Penyebab Penipisan lapisan Ozon
Penipisan lapisan ozon disebabkan oleh senyawa kimia yaitu chlorofluorocarbons (CFCs), hydrofluorocarbons (HCFCs), dan senyawa lainnya (ODS). Senyawa ini sering digunakan dalam peralatan manusia seperti kulkas, AC, parfum, dll.

 

Proses Penipisan Lapisan Ozon
CFC yang dihasilkan di permukaan bumi sebenarnya memiliki berat lebih besar daripada udara. Akan tetapi, aliran udara mendorong CFC menuju ke lapisan stratosfer. Ketika CFC yang berada di stratosfer tersinari sinar UV, maka terjadi reaksi kimia. Gas CFC akan terdekomposisi menjadi atom klorin. Selanjutnya atom klorin akan bereaksi dengan lapisan ozon dan lapisan ozon semakin berkurang. Oleh karena berkurangnya lapisan ozon, timbullah lubang di lapisan ozon yang ‘memperbolehkan’ sinar UV menyinari permukaan bumi.

 

Pengaruh Alam pada Penipisan lapisan Ozon
Erupsi gunung merapi sudah diketahui menghasilkan banyak atom klorin. Berdasarkan tulisan di atas kita dapat menyimpulkan atom klorin lah yang sejatinya menimbulkan penipisan lapisan ozon. Akan tetapi, erupsi gunung merapi sama sekali tidak mengurangi lapisan ozon. Hal ini terjadi karena klorin dari gunung merapi mudah terlarut dalam air. Klorin akan turun ke bumi bersama hujan sebelum mencapai lapisan atmosfer yang cukup tinggi (stratosfer).

CFC berbeda dengan klorin murni. CFC tidak akan terlarut dengan air. Oleh karena itu, gas CFC dapat mencapai lapisan ozon di stratosfer.

 

Bagaimana cara memperbaiki lapisan ozon?
Lapisan ozon akan membaik dengan sendirinya dengan siklus yang terjadi di alam. Akan tetapi, siklus ini berjalan lambat. Para ilmuwan memperkirakan lapisan ozon di bumi dapat pulih kembali pada tahun 2050. Akan tetapi, seluruh negara harus bersepakat untuk membatasi penggunaan gas-gas yang dapat mempertipis lapisan ozon. Sampai saat ini sudah dilakukan berbagai kesepakatan antar negara untuk ikut serta memperbaiki lapisan ozon. Salah satunya yaitu Montreal treaty yang sampai saat ini sudah diratifikasi oleh 190 negara

 

Peran Masyarakat
Seluruh masyarakat harus berkontribusi untuk memulihkan ozon. Kita dapat berkontribusi hanya dengan memanfaatkan peralatan seperti AC secukupnya. Bila dalam ruangan ber-AC tidak ada orang, matikan AC nya! Bila cukup menggunakan kipas angin, tidak perlu menggunakan AC. Dengan seluruh masyarakat di dunia mengikuti gerakan sederhana ini, maka penipisan lapisan ozon dapat berkurang dan ozon pulih kembali.

 

Terimakasih sudah membaca tulisan ini. Semoga dapat meningkatkan wawasan pembaca dan mengajak pembaca untuk membantu usaha pemulihan lapisan ozon.

 

Sumber:
http://www3.epa.gov/ozone/science/q_a.html

Written by Yung04 in: berbagi ilmu |

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL

Leave a comment

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker